Selasa, 05 November 2019

VTP(VIRTUAL TRUNKING PROTOCOL)

VTP : Pengertian, Macam Mode VTP, dan Keuntungan

 
1. Pengertian

   VTP ( Virtual Trunking Protocol) adalah suatu protokol untuk mengenalkan suatu VLAN yang telah ada agar dapat berkomunikasi dengan jaringan.



Penjelasan

     VTP merupakan fitur Layer 2 yang terdapat pada jajaran switch Cisco Catalyst, yang sangat berguna dalam lingkungan switch skala besar. 
 Adapun beberapa mode dalam VTP yaitu :



 > Mode Server, adalah mode default untuk semua switch catalyst,artinya dalam satu domain membutuhkan minimal satu VTP server yang bertindak menyebarkan informasi VLAN keseluruh switch dalam satu domain.
 > Mode Client, adalah mode yang hanya bisa menerima informasi VLAN dari VTP server, si VTP client ini tidak diperbolehkan mengubah atau menghapus VLAN manapun.
 > Mode Transparent, mode ini tidak berpartisipasi dalam VTP, di mode ini hanya sebagai pintu masuk untuk menuju ke mode client. Jika terdapat VLAN yang sama antara server dan client maka mode ini akan meneruskan informasi ke client (succesfull). Namun jika tidak sama maka akan terjadi failed dalam suatu koneksi.

Keuntungan menggunakan VTP :

 > Konfigurasi VLAN yang lebih stabil di semua switch di network
 > Pengiriman VLAN terjadi hanya di trunk port
 > Tracking dan monitoring VLAN yang akurat



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengalamatan IP Versi 4

Pengalamatan IP Versi 4   Alamat IP versi 4 (sering disebut dengan Alamat IPv4) adalah sebuah jenis pengalamatan jaringan yang diguna...