Selasa, 05 November 2019

TRUNKING PROTOCOL

 TRUNKING PROTOCOL

 Pengertian


VLAN Trunking Protocol (VTP) adalah protokol proprietary Cisco yang menyebarkan definisi Virtual Local Area Network (VLAN) di seluruh jaringan area lokal. Untuk melakukan ini, VTP membawa informasi VLAN ke semua switch di domain VTP.

Pada Perangkat Cisco, VTP (VLAN Trunking Protocol) mempertahankan konsistensi konfigurasi VLAN di satu jaringan Layer 2 tunggal. VTP menggunakan frame Layer 2 untuk mengatur penambahan, penghapusan, dan penggantian nama VLAN dari switch dalam mode klien VTP. VTP bertanggung jawab untuk menyinkronkan informasi VLAN dalam domain VTP dan mengurangi kebutuhan untuk mengkonfigurasi informasi VLAN yang sama pada setiap switch sehingga meminimalkan kemungkinan inkonsistensi konfigurasi yang timbul saat terjadi perubahan.


 Kelebihan VTP
  • Konsistensi konfigurasi switch
  • Distribusi dinamis vlan di seluruh jaringan
  • Konfigurasi menggunakan plug an play pada saat menambahkan vlan baru
Kekurangan VTP
  • Harus membuat VTP domain pada saat sebelum membuat Vlan baru
  • Kemungkinan hilangnya vlan pada switch besar
Pengaturan VTP yang tidak cocok dapat mengakibatkan masalah dalam menegosiasikan batang VLAN 

  •  
  •  
  • VTP Domain

    Tujuan utama VTP adalah untuk menyediakan fasilitas sehingga switch Cisco dapat diatur sebagai sebagai suatu grup. Sebagai contoh, jika VTP dijalankan pada semua switch Cisco Anda, pembuatan VLAN baru pada satu switch akan menyebabkan VLAN tersebut tersedia pada semua switch yang terdapat VTP management domain yang sama.

    VTP management domain merupakan sekelompok switch yang berbagi informasi VTP. Suatu switch hanya dapat menjadi bagian dari satu VTP management domain, dan secara default tidak menjadi bagian dari VTP management domain manapun.


Kesimpulan

Jadi VTP adalah protocol yang digunakan untuk mengkonfigurasi switch dengan cepat.




A. Pendahuluan

1. Pengertian

   VTP ( Virtual Trunking Protocol) adalah suatu protokol untuk mengenalkan suatu VLAN yang telah ada agar dapat berkomunikasi dengan jaringan.

2. Latar belakang

    Mempelajari tentang VTP dalam suatu jaringan

3. Maksud dan Tujuan

    Dapat memahami penggunaan mode VTP di jaringan

B. Jangka Waktu Pelaksanaan

    1 Hari


C. Penjelasan

     VTP merupakan fitur Layer 2 yang terdapat pada jajaran switch Cisco Catalyst, yang sangat berguna dalam lingkungan switch skala besar.
      VTP  sangat membantu dalam suatu penggunaan VLAN, jika semisal ada tiga buah switch dengan masing-masing 5 PC. Jika kita ingin menggunakan VLAN kita harus mengkonfigurasi satu per satu pada setiap pc yang ada.dan itu cukup merepotkan jika terdapat banyak PC.
Namun jika menggunakan mode VTP kita cukup mengkonfigurasi salah satu switch sebagai mode server, dengan begitu kita hanya mengkonfigurasi pada satu switch saja. Dan menempatkan salah satu switch lainnya sebagai mode client agar si switch itu dapat menerima VLAN yang ada di switch server. Jadi secara otomatis VLAN itu dibroadcast kepada switch yang bertindak sebagai mode client.

-TRUNKING PROTOCOL


 > Mode Server, adalah mode default untuk semua switch catalyst,artinya dalam satu domain membutuhkan minimal satu VTP server yang bertindak menyebarkan informasi VLAN keseluruh switch dalam satu domain.
 > Mode Client, adalah mode yang hanya bisa menerima informasi VLAN dari VTP server, si VTP client ini tidak diperbolehkan mengubah atau menghapus VLAN manapun.
 > Mode Transparent, mode ini tidak berpartisipasi dalam VTP, di mode ini hanya sebagai pintu masuk untuk menuju ke mode client. Jika terdapat VLAN yang sama antara server dan client maka mode ini akan meneruskan informasi ke client (succesfull). Namun jika tidak sama maka akan terjadi failed dalam suatu koneksi.

Keuntungan menggunakan VTP :

 > Konfigurasi VLAN yang lebih stabil di semua switch di network
 > Pengiriman VLAN terjadi hanya di trunk port
 > Tracking dan monitoring VLAN yang akurat

D. Kesimpulan

    Menggunakan VTP lebih memudahkan kita dalam menyebarkan informasi VLAN di suatu jaringan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengalamatan IP Versi 4

Pengalamatan IP Versi 4   Alamat IP versi 4 (sering disebut dengan Alamat IPv4) adalah sebuah jenis pengalamatan jaringan yang diguna...